Alhamdulillah telah hadir Layanan Jasa Pengurusan Dokumen Kendaraan Bermotor baik roda 2 maupun roda 4 khususnya STNK dan BPKB untuk wilayah DKI Jakarta, Tangerang Kota, Kabupaten Tangerang, Tangerang Selatan, Serpong, Ciputat, Cileduk, Depok, Bekasi Kota, Kabupaten Bekasi. Jenis Layanan diantaranya: - Perpanjangan STNK - Mutasi Antar Samsat Polda Metro Jaya - Mutasi Luar Daerah (Cabut Berkas) - Mutasi Masuk Dari Luar Daerah - Penyesuaian Alamat - Balik Nama (Tukar Nama) - STNK Hilang - BPKB Hilang

Minggu, 08 September 2013

MENGURUS STNK HILANG DENGAN ZERO RUPIAH

Bismillah...
Sahabat....pernahkah anda mengalami kehilangan STNK? (mudah-mudahan sih jangan sampai). Berapa biaya yang sudah anda keluarkan untuk mengurus pembuatan STNK pengganti?apabila anda meminta bantuan Biro Jasa biasanya tarif pengurusan STNK Hilang berkisar antara 400-500 ribu rupiah. Wooow...mahhaal yaa?

Nah buat anda yang saat ini sedang kehilangan STNK atau teman anda mungkin yang sedang kehilangan STNK (khususnya yang ber plat B), mau dong kalau saya share cara mengurus STNK dengan biaya zero rupiah???ok disimak baik-baik yaa...


1.  Datang segera ke Polres atau Polsek terdekat untuk melapor dan membuat yang namanya Surat Tanda Penerimaan  Laporan Kehilangan. Jangan lupa menyiapkan fotocopy KTP, fotocopy BPKB dan fotocopy STNK. Surat tersebut yang berfungsi sebagai pengganti sementara STNK kendaraan anda dan sekaligus sebagai dasar pengurusan pembuatan STNK pengganti di kantor SAMSAT. Disini anda boleh untuk tidak mengeluarkan biaya (zero rupiah), karena memang di Pelayanan Masyarakat tidak dipungut biaya.

2.  Siapkan berkas sebelum anda berangkat ke SAMSAT (supaya tidak bolak balik, kan cape kalau harus balik lantaran ada yang kurang ya ga?)apa aja yang harus disiapkan di rumah?
- KTP asli dan fotocopy (sesuai dengan STNK)
- BPKB asli dan fotocopy
- Surat Tanda Penerimaan  Laporan Kehilangan dari Kepolisian asli.

3.  Datang ke kantor SAMSAT wilayah setempat dengan membawa kendaraannya dan berkas yang sudah difotocopy berikut yang aslinya (sesuai domisili) kalau alamat di Jakarta Selatan maka harus datang ke SAMSAT Jakarta Selatan bukan yang lain, sekali lagi jangan ke kantor SAMSAT lain ya.

4.  Langsung menuju Bagian CEK FISIK kendaraan bermotor untuk di gesek nomer rangka dan nomer mesin kendaraannya (harap bersabar karena biasanya antri menunggu giliran dengan wajib pajak lain yang membawa kendaraan). Setelah petugas menggesek nomer rangka dan nomer mesin kendaraan anda selanjutnya lembaran hasil cek fisik diserahkan ke loket untuk dilegalisir. (sekali lagi harap bersabar karena disini anda harus menunggu giliran agar lembaran hasil cek fisiknya ditandatangani+distempel pejabat berwenang). Disini anda juga boleh untuk tidak mengeluarkan biaya (zero rupiah) karena Pelayanan Cek Fisik tidak dipungut biaya.

5.  Setelah lembaran cek fisik yang telah dilegalisir anda terima selanjutnya bergegas menuju loket STNK Hilang untuk minta formulir, bilang saja minta formulir STNK Hilang dan formulir ini gratis (zero rupiah). Segera isi formulir tersebut sesuai dengan data-data yang ada pada dokumen yang ada

6.  Selanjutnya menuju loket Salinan Pajak untuk minta Salinan Pajak. Disini anda boleh untuk tidak mengeluarkan biaya (zero rupiah).

7.  Dari loket Salinan Pajak anda harus bergegas ke loket Komputer Khusus. Disinipun anda boleh untuk tidak mengeluarkan biaya (zero rupiah).

8.  Selanjutnya bergerak menuju Loket Arsip, katakan saja proses STNK hilang pak/bu. Pun disini anda boleh untuk tidak mengeluarkan biaya (zero rupiah).

9.  Lalu ke loket TU untuk Cek Blokir sambil serahkan semua berkas.  Disini andapun boleh untuk tidak mengeluarkan biaya (zero rupiah).

10. Selesai mendapat pengesahan bahwa kendaraan anda sedang tidak diblokir, maka selanjutnya anda menuju loket BA (Berita Acara) untuk meminta Surat Berita Acara dari pejabat berwenang. Harap anda bisa bersabar disini karena disini biasanya proses pembuatan Surat Berita Acara memakan waktu sekitar30-60 menit. Dan disini andapun boleh untuk tidak mengeluarkan biaya (zero rupiah).

11. Selesai dari loket BA selanjutnya anda kembali ke loket TU untuk Proses Pembukuan. Juga disini anda boleh untuk tidak mengeluarkan biaya (zero rupiah).

12. Nah sampai disini nyaris lengkap sudah perjalanan berkas anda selanjutnya anda menuju Loket Pendaftaran STNK Hilang. (Bila anda beruntung maka hari itu juga STNK baru bisa anda tunggu, anda harus sabar menunggu kira-kira 1-2 jam sampai STNK baru anda terima).Dan disini andapun boleh untuk tidak mengeluarkan biaya (zero rupiah).

13. Selanjutnya anda akan dipanggil untuk menerima yang namanya NOTICE pajak yang harus anda bayarkan di loket kasir (biasanya ditangani oleh Bank Daerah seperti Bank DKI atau Bank Jabar Banten). Besaran notice pajak ini tergantung apakah pada saat STNK hilang, masa pajaknya  memang sudah harus diperpanjang atau belum apabila belum lama diperpanjang lalu STNK nya hilang, maka besaran notice nya adalah sebesar Biaya Adm STNK, untuk roda 2 sebesar Rp 50.000,- untuk roda  4 sebesar Rp75.000,- Ini yang disebut dengan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak). Untuk di loket ini andapun boleh untuk tidak mengeluarkan biaya kecuali apa yang tercantum di STNK (zero rupiah).

14. Setelah terbayar lunas, maka anda tinggal menunggu STNK baru di cetak. Nah mudahkan??

Akan mulai terasa tidak mudah apabila nama di STNK tidak sama dengan anda, akan terasa tidak mudah apabila BPKB juga tidak ada, akan terasa tidak mudah apabila kendaraannya tidak bisa dihadirkan di SAMSAT untuk proses cek fisik atau apabila anda tidak mau repot dengan segala tetek bengek pengurusan STNK atau tidak punya waktu untuk mengurus sendiri, maka hubungi Warung Jasa STNK, insya Allah kami bantu.

Semoga bermanfaat.


















8 komentar:

  1. Balasan
    1. JASA PENERBIT STNK & BPKB YANG HILANG

      Assalamualaikum saya ingin berbagi cerita masalah surat surat kendaraan saya yang telah terbit berkat bantuan bpk H.MULYADI
      Alhamdulillah STNK dan BPKB saya sudah terbit berkat bantuan Bpk H. Mulyadi beliau yang bekerja di Kantor Samsat Pusat Jakarta, dan saya coba bantu publik melalui media bagi teman teman yang mengalami masalah kehilangan surat surat kendaraan anda, solusi'nya anda bisa minta bantuan kepada BPK H.MULYADI Beliau yang bekerja di samsat pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123

      Adm untuk pengurusan STNK & BPKB

      •untuk kendaraan roda 2
      1. Biaya Penerbitan STNK Rp300.000
      2. Biaya Penerbitan TNKB Rp60.000
      3. Biaya Penerbitan BPKB Rp500.000
      4. Biaya Penerbitan surat Mutasi Rp150.000

      •Untuk Kendaraan Roda 4
      1. Biaya Penerbitan STNK Rp500.000
      2. Biaya Penerbitan TNKB Rp100.000
      3. Biaya Penerbitan BPKB Rp1.000.000
      4. Biaya Penerbitan surat Mutasi Rp250.000

      Hapus
  2. * Siapkan semua Dokumen pendukung Sprt KTP Asli sesuai Alamat di STNK
    * Urus surat keilangan di Polsek
    * Dtang ke dealer dg dokumen diatas.. + bukti kita kredit mis buku. Dsb..
    * Ingat jgan serahkan surat keilangan dr Polisi yg asli ke Leasing. Krn akan kita gunakan di Samsat nanti
    * Datang ke Leasing CS nya minta surat keterangan mereka ud tw koq lampiran yg diatas td smua
    * Setelah itu hendaknya ke Polda dlu utk pengesahan BPKB krn BPKB kita ga ditangan. Jdi hrus acc POLDA
    * Lalu stelah lengkap dtng ke samsat Plus Motor utk digesek
    * Jika beda nama wajb ada Surat Kuasa.
    * yg dibawa ke samsat surat asli keilangan stnk dr polisi. Surat dr leasing. Fc stnk jika ada. Surat dr polda
    * selanjutnya proses sprti diatas ato ikutin aja jalurnya di samsat

    Semua berdasarkan pengalaman saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bos stnk ane kan ilang mau pemutihan udh 5thn+mutasi stnk dari bogor kecianjur+ pajak belum dibayar 4thn kira2 kena brpa nih

      Hapus
  3. TIDAK JUAL AIRGUN DAN LARAS PANJANG.

    Handgun yg saya jual :
    - Beretta 92 original Italia
    10.800.000
    - Beretta 92 Thailand handmade
    6.000.000
    - Walther P99 original German
    8.000.000
    - Walther P99 filiphin handmade
    5.500.000
    - HS2000 original Kroasia
    8.200.000
    - HS2000 filiphin thailand handmade
    5.200.000
    - SIG P250 DCC original German
    7.500.000
    - SIG P250 DCC filiphin handmade
    5.100.000
    - HECKLER KOCH MARK 23 original german
    7.000.000
    - filipin handmade
    5.000.000
    - GLOCK 19 original austria
    8.500.000
    - filiphin thai handmade
    5.200.000
    - FN FNP 45 original belgium
    8.500.000
    - filiphin handmade
    5.500.000
    - P3 filipin
    3.500.000

    Pemesanan by inbox atau sms 082298908875
    UNTUK GAMBAR CEK GOOGLE

    PENGIRIMAN BARANG UNTUK PULAU JAWA DAN BALI MENGGUNAKAN TRAVEL DAN DILUAR PULAU JAWA BALI MENGGUNAKAN POS bukan Tiki ataupun JNE dll.

    cara pembelian :

    1.pilih unit mana yg akan dibeli

    2.transfer sesuai harga

    3.konfirmasi transfer beserta nama lengkap alamat dan nomor ktp atau sim

    ADA BEBERAPA MINUS SAYA

    1.SAYA BELUM BISA BERTEMU MOHON DIPAHAMI.

    082298908875 SMS only

    TIDAK JUAL AIRGUN DAN LARAS PANJANG SNIPER ATAU RIFLE, HANYA JUAL PISTOL

    BalasHapus
  4. Maaf pak mau tanya.. saya tinggal dipadang.. tpi plat motor saya BM pekanbaru.
    Bagaimana cara mngurusnya pak

    BalasHapus
  5. Stnk. Ktp saya hilang krna tmpat tinggal saya kemsukan maling... jadi kalau untuk mengurus stnk saya yg plat luar kota bagaimana caranya pak??

    BalasHapus
  6. Misalkan bpkb ada di leasing tapi leasing ini sudah gak tau kebraadan nya dimana alias tutup buku gmna solusi nya

    BalasHapus